Disiplin, Kerja keras, dan Terus Berlatih Kunci Kemenangan


Ia lahir di Brockton, Masachusett AmerikaSerikat tanggal 1 September 1923 dengan nama Rocco Francis Marchegian. Lelaki ini adalah anak dari pasangan imigran asal Italia Pierino Marchegiano dan Pasqualina Picciuto. Sejak kecil masyarakat sekitar memanggilnya dengan panggilan Rocco.

Rocco terlahir dari keluarga miskin. Ayahnya hanya seorang pekerja biasa di sebuah pabrik sepatu. Saat usianya menginjak 18 tahun Rocco dinyatakan terkena penyakit pneumonia (paru-paru) yang hampir membuatnya kehilangan nyawa. Ia kemudian drop-out saat duduk di bangku SMA.

Gagal di bangku sekolah, Rocco kemudian bekerja di perusahaan truk angkutan barang Brockton Ice and Coal Company sebagai kuli angkut. Bersamaan dengan itu ia juga bekerja sebagai penggali parit dan pembuat sepatu.

Tahun 1943 ia menjalani wajib militer dan ditempatkan di Swansea, Wales. Tugas militernya sebenarnya sudah selesai pada Maret 1946 seusai Perang Dunia kedua.Namun sambil menunggu akhir masa tugasnya sebagai tentara, ia ikut pertandingan tinju amatir antar tentara. Beberapa kali ia menang, namun perjalanan karirnya di jalur tinju amatir tak begitu mulus.

Rocco sadar bahwa segala seseatu tidak boleh dilakukan separuh hati. Ia kemudian bertekad bahwa tinju adalah jalan hidupnya dan harus ditekuni secara serius. Ia pun mulai berlatih secara total, bahkan kadang hampir seperti gila. Ia beralih ke jalur tinju kelas berat profesional. Ia juga mengubah namanya menjadi “Rocky Marciano”. Lebih populer, ia dipanggil Rocky.

Sambil terus meningkatkan intensitas berlatih. ia lalu memulai karier sebagai petinju profesional pada tahun 1947, saat berusia 24 tahun.. Perjuangan dan kerja keras Rocky ternyata tak sia-sia. Ia memenangkan 16 pertandingan pertamanya dengan menang knock out. Gebrakan terbesarnya di arena tinju terjadi pada tanggal 12 Juli 1951 saat bertemu juara dunia kelas berat dunia legendaris Joe Louis, sekaligus petinju Namun sambil menunggu akhir masa tugasnya sebagai tentara, ia ikut pertandingan tinju amatir antar tentara. Beberapa kali ia menang, namun perjalanan karirnya di jalur tinju amatir tak begitu mulus.

Rocco sadar bahwa segala seseatu tidak boleh dilakukan separuh hati. Ia kemudian bertekad bahwa tinju adalah jalan hidupnya dan harus ditekuni secara serius. Ia pun mulai berlatih secara total, bahkan kadang hampir seperti gila. Ia beralih ke jalur tinju kelas berat profesional. Ia juga mengubah namanya menjadi “Rocky Marciano”. Lebih populer, ia dipanggil Rocky.

Sambil terus meningkatkan intensitas berlatih. ia lalu memulai karier sebagai petinju profesional pada tahun 1947, saat berusia 24 tahun.. Perjuangan dan kerja keras Rocky ternyata tak sia-sia. Ia memenangkan 16 pertandingan pertamanya dengan menang knock out. Gebrakan terbesarnya di arena tinju terjadi pada tanggal 12 Juli 1951 saat bertemu juara dunia kelas berat dunia legendaris Joe Louis, idolanya sejak kecil. Marciano berhasil menundukkan Joe Louis dengan menang KO di ronde ke-8.

Setahun berikutnya ia merebut gelar juara dunia dengan mengalahkan Jersey Joe Walcott juga dengan dalam sebuah pertarungan sengit dan mendebarkan. Namun akhirnya Rocky berhasil menghentikan perlawanan Walcott dengan menang KO di ronde ke 13, meski Walcott sempat menjatuhkan Marciano pada ronde pertama.

Disiplin, kerja keras, berlatih dan terus berlatih bagi Rocky merupakan harga mati yang tak bisa ditawar-tawar. Motto itulah yang membuat prestasi demi prestasi berikutnya berhasil direnggutnya. Marciano memperoleh penghargaan Fighter of the Year dari Ring Magazine 3 kali berturut-turut. Hanya Muhammad Ali yang memenangkan penghargaan itu berkali-kali. Ia mencatat statistik 49 menang sepanjang karirnya di sepanjang masa. Kisah perjalanan hidupnya diangkat menjadi film yang sangat inspiratif dan box office dengan judul “Rocky” (seri I sampai V), serta “Rocky Balboa”. Film yang dibintangi Sylvester “Rambo” Stallone ini juga meraih 3 penghargaan Oscar.tinju profesional, 43 kali dimenangkan dengan KO, tanpa terkalahkan, maupun seri.

Semoga manfaat
The real champion Is not just Winning The competition but everyone WHO can stand up for every failure #inspirasireza

Rocky Marciano
Statistics
Real name Rocco Francis Marchegiano
Nickname(s) The Brockton Blockbuster
The Rock from Brockton
Rated at Heavyweight
Height 5 ft 11 in (1.80 m)
Reach 67 in (170 cm)
Nationality American
Born September 1, 1923
Brockton, Massachusetts
Died August 31, 1969 (aged 45)
Near Newton, Iowa
Stance Orthodox
Boxing record
Total fights 49
Wins 49
Wins by KO 43
Losses 0
Draws 0
No contests 0
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s