Ketika Ulama Dimintai Pendapatnya


Ketika Ulama Dimintai Pendapatnya

Dahulu para ulama yang ahli takwa, ketika mereka berbicara bersama orang-orang awam atau dimintai fatwanya didalam sebuah permasalahan, mereka tidak menyampaikan keringanan dan tidak menjelaskan ikhtilafnya para ulama didalam hal yang memberi kepahaman terhadap keringanan.

Mereka memberikan penjelasan kepada orang-orang awam tentang hukum yang menuntut kehati-hatian didalam agama dan jauh dari perkara-perkara yang masih syubhat/meragukan.

Mereka berkata, kami mempersempit orang-orang awam, sedangkan mereka memberi keluasan untuk diri mereka sendiri, dikarenakan orang awam itu sering lalai, selalu menuruti keinginan syahwatnya, dan mengejar nasib keduniawian.

Kalau kamu memberikan keluasan dan memberi tahu tentang sebuah keringanan, maka orang awam akan keluar menuju pada hal-hal yang diharamkan, karena kebanyakan dari mereka itu keadaannya seperti layaknya hewan-hewan ternak.
.

Pendapat yang sangat layak untuk difatwakan dan menghukumi permasalahan dengan menggunakan pendapat tersebut adalah pendapat-pendapat yang kuat saja.

Sedangkan pendapat-pendapat yang dhaif/lemah, tidak patut untuk difatwakan, namun boleh diamalkan untuk diri sendiri selagi pendapat tersebut tidak sangat lemah.

Pendapat yang lemah itu mencakup khilaful-ashah, khilaful-muktamad, khilaful-aujah, dan khilaful-muttajah. Untuk khilafus-shahih, secara umum pendapat tersebut fasid, sehingga tidak boleh untuk mengambil/mengamalkan pendapat itu.

Al-ashah: Pendapat yang kuat.
Khilaful-ashah = as-shahih: Pendapat yang lemah.
Khilafus-shahih: Pendapat yang sangat lemah.

— ad-da’wah at-tammah wa at-tadzkirah al-ammah hlm 76 .

وكان العلماء المتقون إذا تكلموا مع عامة المسلمين أو استفتوهم العامة في شيء لم يحدثوهم بالرخص ولم يخبروهم باختلاف العلماء فيما يوهم الترخص، وكانوا يخبرونهم بما يقتضي الاحتياط في الدين والبعد عن الأمور المشتبه، ويقولون العامة نضيق عليهم وهم يوسعون لأنفسهم لما هو الغالب عليهم من الغفلة والانقياد للشهوات والحظوظ الدنياوية، فإن وسعت عليهم وحدثتهم بالرخص خرجوا منها إلى المحرمات لأن أكثرهم في مثل أحوال البهائم. [الإمام الحداد، الدعوة التامّة والتذكرة العامّة، 76 دار الحاوي]

— i’anah at-thalibin 1/27 .

وأما الأقوال الضعيفة، فيجوز العمل بها في حق النفس لا في حق الغير، ما لم يشتد ضعفها، ولا يجوز الإفتاء ولا الحكم بها. والقول الضعيف – شامل لخلاف الأصح وخلاف المعتمد وخلاف الأوجه وخلاف المتجه. وأما خلاف الصحيح فالغالب أنه يكون فاسدا لا يجوز الأخذ به. [البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,1/27]

Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a comment