Kaum Sufi Berjihad! Wahabi Ngebunuh Sesama Muslim?


Kaum Sufi & Jihad

Sayyiduna Syaqiq al-Balkhi rahimahullah merupakan tokoh tashawwuf tingkat tinggi. Beliau penuh semangat ikut serta dalam berjihad tanpa peduli beliau akan jatuh di mana.

Di saat perang sedang sengit2nya, beliau berkata pada seseorang yang di di sisinya: “Apakah kamu merasa seperti malam pertamamu dengan isterimu?”.

Dijawab: “Tidak, demi Allah”.

Syekh Syaqiq berkata: “Tapi aku, demi Allah, merasa seperti malam pertama dengan isteriku..”.

Beliau begitu bahagia dengan jihad.. Syahid di medan peperangan.

Sayyiduna Hatim al-Asham rahimahullah merupakan salah satu tokoh besar tashawwuf.

Ikut serta dalam jihad tanpa sedikit pun rasa gentar.. Beliau pun jatuh ke tangan musuh, menjadi tawanan, musuh pun bersiap menyembelihnya.

Beliau pun melihat apa yang ditakdirkan Allah, tiba2 ada panah yang membunuh musuh.. Beliau pun bangun & melanjutkan keikutsertaan dalam perang.

Pada peperangan Mansourah (melawan penjajah), Sayyiduna Abu al-Hasan asy-Syadzili yang sudah berumur 60an tahun, sudah buta, meninggalkan kediaman, berangkat ke Mansourah.

Berada di tengah pasukan; memberi semangat & memberi kabar bahagia; kemenangan akan bersama mereka & surga.. Sambil mendo’akan taufiq untuk mereka.. Sampai suatu malam bermimpi Sayyiduna Rasulullah SAW yang mengajar bahwa pasukan akan menang.

Itu bukan lah peperangan pertama yang beliau ikuti.. Dan bukan juga yang terakhir.


Sayyiduna Abd al-Qadir al-Jazairi rahimahullah melawan penjajah dengan penuh keberanian bersama pasukan kecil2an.. Yang kemudian makin banyak.. Persenjataan mereka adalah hasil rampasan dari musuh..

Terus berjuang.. Sampai akhirnya ditawan musuh..

Sosok yang begitu mulia, penjajah pun mengakui…

Ketika sudah tidak memungkinkan untuk ikut serta perang setelah ditawan, di Damascus, beliau pun mengajar kitab “al-Futuhat al-Makkiyah”, juga menulis kitab al-Mawaqif, membahas tentang tashawwuf dalam berbagai aspek.


Sumber: al-Munqidz min adh-Dhalal, karya Sayyiduna Grand Syekh al-Azhar, Prof DR Abdul-Halim Mahmud.

Photo: penulis dalam jihad militer Mesir melawan Israel pada Oktober 73.

Al-Fatihah untuk para ulama & ahli tashawwuf + seluruh umat Islam..

Leave a comment