Mujassimah Ngeri


BANTAHAN UNTUK PAK Dr Muhammad Arifin Badri

JIKA ASET BERWUJUD ADALAH ASET YANG MEMILIKI BENTUK, LANTAS APAKAH DENGAN INI WUJUD ALLAH JUGA MEMILIKI BENTUK.?
.
Jawabanya tidak benar, karna segala aset ataupun sesuatu yang berwujud pasti memiliki bentuk, maka ini adalah kaidah yang hanya berlaku pada makhluk.
.
Adapun ALLAH tak sama dengan sesuatu apapun [QS. Asy-Syuro : 11]
.
Sedangkan apapun yang memiliki bentuk, ukuran, jism/tubuh itu adalah makhluk maka berikut dalilnya
.
ALLAH Ta’ala berfirman :
.
وَلَقَدْ خَلَقْنٰكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنٰكُمْ
.
Dan sungguh, Kami telah MENCIPTAKAN kamu, kemudian MEMBENTUKMU.
.
[QS. Al-A’raf : 11]
.
ALLAH Ta’ala berfirman :
.
هُوَ الَّذِيْ يُصَوِّرُكُمْ فِى الْاَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاۤءُ
.
Dialah yang MEMBENTUK kamu dalam rahim menurut yang Dia kehendaki.
.
[QS. Ali Imran : 6]
.
ALLAH Ta’ala berfirman :
.
فِيْٓ اَيِّ صُوْرَةٍ مَّا شَاۤءَ رَكَّبَكَۗ
.
Dalam BENTUK apa saja yang dikehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
.
[QS. Al-Infithar : 8]
.
.
ALLAH Ta’ala berfirman :
.
وَخَلَقَ كُلَّ شَىۡءٍ فَقَدَّرَهٗ تَقۡدِيۡرًا
.
Dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat.
.
[QS. Al-Furqan : 2]
_ . Jadi, kalo ada yang berkata jika ALLAH tak berbentuk itu berarti ALLAH tidak ada, maka dia sendiri yang telah menyamakan ALLAH dengan benda. . Dan itulah salah satu pendapat kelompok Mujassimah, bukan Ahlussunnah Wal Jama’ah. . IMAM ABUL HASAN AL-ASY’ARI Rahimahullah mengatakan : . وممن قال بالصورة من ينكر أن يكون البارئ جسما، وممن قال بالتجسيم من ينكر أن يكون البارئ صورة. . Diantara yang berpendapat adanya bentuk, maka dialah (Mujassim) yang menolak jika ALLAH itu berjism, sedangkan yang berpendapat adanya jism, maka dia (Mujassim) yang menolak bahwa ALLAH berbentuk. . [Maqalatul Islamiyyin : Jilid 1, Halaman 259] . IMAM ABU MANSHUR AL-MATURIDI Rahimahullah mengatakan : . فإن قيل : كيف يرى؟ قيل: بلا كيف، إذ الكيفية تكون لذي صورة . Jika ditanyakan bagaimana ALLAH dilihat nanti.? Katakan : Dengan tanpa bagaimana dikarnakan bagaimana itu hanya terjadi pada yang berbentuk. . [Kitabut Tauhid : Halaman 69] . IMAM AL-KHATTHABI Rahimahullah mengatakan : . وأما ذكر الصورة في هذه القصة فإن الذي يجب علينا وعلى كل مسلم أن يعلمه : أن ربنا ليس بذي صورة ولا هيئة، فإن الصورة تقتضي الكيفية وهي عن الله وعن صفاته منفية. . Adapun penyebutan bentuk pada pembahasan ini, maka sungguh merupakan suatu kewajiban bagi kita dan segenap kaum muslimin agar mengetahui bahwa TUHAN kita bukanlah yang memiliki bentuk ataupun rupa dikarnakan bentuk adalah bagian dari kaifiyah itu sendiri yang Maha Suci ALLAH dan sifat-sifat-Nya dari hal buruk tersebut. . [Al-Asma’ Wa Ash-Shifat : Jilid 2, Halaman 69-70] . IMAM AL-BAIHAQI Rahimahullah mengatakan : . لقيام الدليل على أنه ليس بذي صورة سبحانه ليس كمثله شيء. . Karena tegaknya dalil bahwasanya ALLAH bukanlah yang memiliki bentuk, Maha Suci dirin-Nya yang tidak serupa dengan sesuatu apapun. . [Al-Asma’ Wa Ash-Shifat : Jilid 2, Halaman 61] _

Wassalamualaikum 🙏

Leave a comment